Tuesday, October 15, 2013

Analisis Kepemimpinan Ketua Umum Persis, Prof. Dr. K.H. Maman Abdurrahman
A. Bakat

Ketua Umum Persis ini ternyata guru besar di Universitas Islam Bandung dan menjabat Ketua Badan Amil Zakat Kota Bandung (2009-2012). Ini beberapa bukti konkrit bahwasanya beliau membentuk sifat kepeimpinannya secara terus menerus sebelumterpilih menjadi ketua umum Persis.
B. Usaha
Usaha yang dilakukan oleh ketua umum persis ini lebih menjurus kepada Risk and Learning, karena usaha beliau termanifestasi oleh usahanya dalam pemilihan ketua umum yang sampai dua kali putaran dan beliau mengungguli kandidat lainnya, yaitu Dr. Atif Latifulhayat. Pada putaran kedua, mereka memperebutkan sebanyak 513 dari semula sebanyak 562 suara.
Visi dan Misi
Visi, Memurnikan Ajaran Islam Berdasarkan Al-Quran dan Hadis
Misi, ibentuklah sejumlah badan otonom. Seperti Persatuan Islam Istri ( Persistri ), Pemuda Persatuan Islam, Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam, Himpunan Mahasiswi Persatuan Islam, dan Ikatan Santri dan Pelajar Persatuan Islam, yang kini tengah digodok. Upaya ini dilakukan untuk membekali dan membentengi akidah umat Islam sejak dini.
Persatuan Islam sebagai organisasi yang bergerak dalam bidang pendidikan dan dakwah, saat ini telah memiliki sekitar 215 pondok pesantren, 400 masjid, serta sejumlah lembaga pendidikan mulai dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Itu semua tersebar di seluruh Indonesia.
Tak hanya itu, Persis juga berkontribusi dalam pengelolaan dan pendistribusian aset umat dalam bentuk zakat, wakaf, dan pengelolaan ekonomi umat, seperti Pusat Zakat Umat ( PZU ) dan Bank Perkreditan Rakyat ( BPR ).
Kini, program utama yang dikembangkan Persis pada lima tahun ke depan adalah menegaskan kembali peran Persis sebagai gerbong pembaruan pemikiran keislaman, gerakan dakwah dan pendidikan untuk mewujudkan Islam sebagai agama yang rahmatan lil ‘alamin.

C. Persepsi Tentang Peran (Job Description)

MAJELIS PENASIHAT
Ketua Majelis Penasehat, Ustadz Ikin Sodikin
Sekretaris Majelis Penasehat, Ustadz Emon Sastranegara
DEWAN HISBAH merupakan Dewan pertimbangan, pengkajian syara dan fatwa dalam jam’iyyah atas berbagai persoalan yang berkembang yang menyangkut Bidang Dakwah, pendidikan, ekonomi, sosial dan politik 
Ketua Dewan Hisbah, Ustadz Usman Sholehuddin
Sekretaris Dewan Hisbah, Ustadz Wawan Sofwan.
.
 

0 comments:

Post a Comment